Fakultas Teknik merupakan salah satu dari enam Fakultas yang ada di Universitas Ichsan Gorontalo. Fakultas Teknik memiliki dua Program Studi yaitu Program Studi Teknik Arsitektur dan Program Studi Teknik Elektro, dan berdiri   pada tahun 2001 berdasarkan SK Mendiknas Nomor 86/D/O/2001 tertanggal 01 Juli 2001 dan menerima Mahasiswa Baru tahun 2001. Kelima Fakultas lainnya adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Pertanian dan Fakultas Hukum,

Fakultas Teknik berdiri karena kebutuhan terutama tenaga ahli bidang Arsitektur dan Elektro kian mendesak dan diperlukan, semenjak terbentuknya Gorontalo menjadi sebuah provinsi pada tahun 2001. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Fakultas Teknik untuk mengatasi hal tersebut yaitu dari segi ketersediaan jumlah dan mutu tenaga teknik, meskipun penambahannya telah dilakukan secara sungguh-sungguh, dirasakan tetap masih kurang mencukupi.

Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas dan mutu proses pendidikannya disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global.

Diharapkan pada masa mendatang, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Elektro Fakultas Teknik Universitas Ichsan akan menjadi pusat studi keteknikan yang sanggup mensejajarkan dirinya dengan Program Studi lain di Fakultas Teknik dari universitas terkemuka di Indonesia terutama kawasan Timur, baik dari segi mutu lulusan maupun mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat mengangkat martabat dan harkat bangsa Indonesia.